12/04/2012

USAT Liberty di Tulamben

Tulamben adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Desa ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman yang terkenal di Bali, terutama di sekitar lokasi karam kapal USAT Liberty (sebuah kapal angkut tentara angkatan darat Amerika Serikat yang tenggelam setelah ditorpedo oleh kapal selam Jepang di tahun 1942).
Kapal USAT Liberty ditemukan pada 1970-an oleh warga Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Selanjutnya lokasi ini dijadikan tujuan wisata karena mulai banyak penyelam yang berdatangan ingin melihat Kapal USAT Liberty yang karam didasar laut. Dengan begitu menjadikan Tulamben sebagai tujuan wisata komersial, termasuk wisata diving melihat bangkai kapal USAT Liberty.



Menurut berbagi cerita tentang kapal USAT Liberty  dibangun pada 1918 sebagai kapal perang Amerika Serikat jenis kargo. Tugas kapal dengan panjang 120 meter ini adalah melayani kebutuhan militer Amerika Serikat pada Perang Dunia II. Ketika berada di perairan Bali dalam perjalanan dari Australia menuju Filipina, USAT Liberty diterpedo kapal selam Jepang hingga nyungsep ke dasar laut.

 
Lokasi penyelaman ini adalah salah satu tempat rekreasi penyelaman termudah untuk menikmati pemandangan bawah laut di sekitar kapal karam. Penyelam dari semua tingkatan keahlian bisa melakukan penyelaman di tempat ini. Lokasi ini bisa dicapai langsung dari bibir pantai dan terletak sekitar 25 meter dari pesisir, dengan kedalaman antara 5 meter hingga 30 meter di bawah permukaan laut. Selama musim liburan, lebih dari 100 penyelam mendekati bangkai kapal ini tiap hari.

Nama Tulamben berasal dari batulambih, yang berarti "banyak batu", merujuk pada letusan Gunung Agung yang memengaruhi tempat ini dari waktu ke waktu. Nama ini berubah menjadi Batulamben, dan akhirnya Tulamben.
Selamat menikmati scuba diving di Tulamben, pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya menyelam sambil melihat bukti sejarah perang dunia II yang hanya tinggal reruntuhan ditemani ikan-ikan yang setia jadi penghuninya.
Jangan lupa pembaca Bali Backpacker kalau datang ke Bali, datang ya ke Tulamben, nikmati indahnya pemandangan bawah laut yang indah.

2 comments:

  1. waww bener-bener tertarik pergi kesana :) nice picture also.. btw, boleh tau berapa kira-kira biaya buat diving disana?

    ReplyDelete
  2. saya biasa diving bareng temen2, kalo mau tahu tentang harga follow twitter saya saja @dionturtle

    ReplyDelete