28/08/2011

Brahmavihara Arama atau Wihara Buddha Banjar

Terletak di Desa Banjar Tegeha, 18 km arah barat Singaraja. 2 km ke selatan dari jalan raya Singaraja-Seririt. Wihara ini terletak di kaki bukit menghadap ke laut. Brahmavihara-Arama lebih dikenal dengan nama Wihara Buddha Banjar merupakan vihara buddha yang terbesar di Bali . Areanya cukup luas. Dari tempat ini dapat melihat pemandangan Laut Bali Utara yang membentang dari arah timur sampai ke barat karena letaknya di daerah perbukitan, hal ini menjadikan vihara buddha ini memiliki daya tarik yang kuat untuk wisatawan baik mancanegara maupun nusantara.

Banjar Hot Spring Water


Air Panas Banjar adalah suatu mata air panas alam yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit. Airnya ditampung pada suatu kolam renang mungil dikelilingi oleh pedesaan yang unik. Sesuai namanya terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ± 5 km sebelah barat dari Lovina dan ± 1 km sebelah barat Wihara Budha. Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring sudah tidak asing lagi bagi para turis lokal atau mancanegara.
Air panas yang muncul dari perbukitan setempat dibuat bertingkat, ditingkat pertama terdiri dari beberapa pancoran dimana wisatawan dapata mandi air panas. Kolam kecil juga tersedia pada tingkatan ini. Pada tingkatan kedua kolam dibuat lebih besar.
Di musim liburan, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal ataupun masyarakat sekitarnya.
Untuk mencapai lokasi air panas banjar dapat digunakan kendaraan bermotor karena jalannya beraspal. Kendaraan umum banyak karena melalui jalan raya yang menghubungkan kota singaraja dengan kota-kota kecamatan di bagian barat.

Melanting Waterfall


Melanting Waterfall di Munduk  berjarak  42 km sebelah selatan dari kota Singaraja atau 70 km dari Denpasar.  Juga dapat dicapai dari kawasan wisata Bedugul sekitar 30 menit perjalanan yang berjarak 20 km. Dari kota Denpasar arahkan kendaraan menuju Bedugul atau Singaraja. Setelah melewati kawasan wisata Bedugul teruskan perjalanan menuju arah Gitgit atau Singaraja. Selanjutnya akan di temui pertigaan dengan tikungan tajam ke arah kiri.  Ambil belokkan ke kiri ke arah Desa Gobleg dan ikuti jalan tersebut sampai melewati Restoran Ngiring Ngawedang.  Dari restoran ini perjalanan diteruskan sekitar 2 km ke arah utara (Seririt) hingga tiba di sebuah tikungan dengan penunjuk arah ke air terjun di sebelah kanan jalan.  
Setelah tiba di area parkiran kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 m meter melalui jalan setapak hingga tiba di depan air terjun.