07/12/2011

Pameran FantastiqueArt 2011 di Bentara Budaya Bali

Fantastic Art atau seni fantastik, sejatinya bukanlah istilah baru dalam dunia seni rupa. Akan tetapi sebagai mashab tersendiri baru belakangan ini saja eksistensinya diakui. Sedari tahun 1970-an, aliran ini kembali dimarakkan oleh karya-karya seniman ilustrator untuk sampul-sampul novel atau komik, yang sebagian besar ceritanya berbentuk kisah fantasi, khayalan, legenda, dongeng, maupun cerita rakyat yang tergolong fiksional.

Seniman Fantastic Art
Genre seni ini pada dasarnya sudah lama hadir, bahkan pelukis Hieronymush Bosch (1450-1561) dipandang sebagai salah satu perintis mashab ini. Lukisan Bosch “The Garden Of Earthly Delights”, menggambarkan sorga neraka, tadinya diklaim sebagai karya renesans, tapi kemudian diperdebatkan dan belakangan dinyatakan sebagai seni fantastik. Kehadiran seni ini kian kukuh setelah munculnya berbagai fiksi ilmiah yang bercerita tentang angkasa luar atau kehidupan alien, termasuk kehidupan purba seperti masa dinosaurus dan sebagainya. Yang paling berpengaruh dari generasi ini adalah Frank Frazeta (1928-2010), juga Roger Dean dan Boris Vallejo, yang dapat dijumpai pada karya-karya seni di Indonesia berwujud sampul-sampul komik dan novel masa 1980-an, bahkan kaset.
Mastomi lagi menerangkan lukisan USAT LIBERTY
Para seniman yang berpameran kali ini antara lain; Anom Kojar, Benbal, Damuh Bening, Made Marthana Yusa, MEGA, Monez Gusmang, Ngurah Rai, Raka Siwi, Sang Ayu Made WLP, Setiawan Tangsek, Adam TNY, Andreanus Gunawan, Apriyadi Kusbianto, Erwin Prima Arya, Jan Mintaraga, META Studio-Jogjakarta, dan Toni Musdiono, Mega, Admira Wijaya.
http://bentarabudayabali.wordpress.com
Mulai menggambar temen-temen Fantastic Art buat oleh-oleh buat Bali Comic

---------------------------------------------------------
Sedikit info tentang temen-temen Komikus di Bali
Balicomics dari Bali merambah dunia
Balicomics adalah komunitas pecinta komik baik komik lokal (Indonesia) maupun mancanegara, yang bertujuan untuk menjembatani penggemar komik yang beda usia dan beda selera, juga untuk menggali potensi dalam dunia gambar menggambar terutama para kawula muda Bali dan sekitarnya agar senantiasa berkarya dan terus berkarya.
Farewell Party Fantastic Art 2011 di Bali pada ngumpul bareng komikus Indonesia di Bali Comic






No comments:

Post a Comment