07/10/2011

Yeh Mampeh Waterfall


Desa Les adalah sebuah desa di bagian timur Kabupaten Buleleng yang tepatnya berada di Kecamatan Tejakula. Dengan jumlah penduduk keseluruhan 6453 jiwa yang terdiri dari 3741 orang laki-laki dan 3712 orang perempuan. Desa ini berdiri pada 250 meter diatas permukaan laut.
Air Terjun Yeh Mampeh ini memiliki ketinggian sekitar ± 20 meter. Dan terdiri dari beberapa tingkatan. Namun yang sering di kunjungi adalah air terjun yang berada paling bawah karena akses untuk mencapainya sangat mudah. Dari jalan utama Singaraja – Amlapura, lokasi air terjun ini berjarak 2 Km.

Jalan menuju kesana dapat dilalui dengan menggunakan mobil. Tetapi, kendaraan akan di parkir di dekat sebuah pura yang bernama Pura Empelan. Pura ini ada karena sebagian besar penduduk di desa ini memiliki profesi sebagai petani. Dari Parkiran Pura ini, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju air terjun dengan berjalan kaki. Kita juga dapat menggunakan sepeda motor karena jalan setapak yang ada sudah di semen sedemikian rupa sehingga mudah untuk dilalui. Akan tetapi, untuk menikmati perjalanan sebaiknya kita berjalan kaki karena mampu mengurangi polusi udara. Sepanjang perjalanan, kita akan melihat perkebunan milik warga. Pada musim penghujan, suasana terlihat sangat hijau. Pohon-pohon dan tanaman menghiasi sepanjang perjalanan.
Selain itu di sepanjang jaln terlihat tebing-tebing bebukitan  mencerminkan indahnya alam di desa ini. Anda bisa beristirahat di sebuah warung kecil yang berada disana anda bisa menikmati nikmatnya es kelapa muda yang bisa memberikan kembali energi anda untuk melanjutkan perjalanan menuju air terjun Yeh Mampeh.
Selamat menikmati keindahan Air Terjun Yeh Mampeh.

2 comments:

  1. Waahhh bli blog nya bagus bngt...kbtulan bru di Bali nih,...kapan2 bolh donk gabung breng traveling bali..

    ReplyDelete
  2. Thanks You....maseh banyak yg belom saya tulis...dan juga maseh banyak yg belom saya kunjungi :)

    ReplyDelete