28/08/2011

Melanting Waterfall


Melanting Waterfall di Munduk  berjarak  42 km sebelah selatan dari kota Singaraja atau 70 km dari Denpasar.  Juga dapat dicapai dari kawasan wisata Bedugul sekitar 30 menit perjalanan yang berjarak 20 km. Dari kota Denpasar arahkan kendaraan menuju Bedugul atau Singaraja. Setelah melewati kawasan wisata Bedugul teruskan perjalanan menuju arah Gitgit atau Singaraja. Selanjutnya akan di temui pertigaan dengan tikungan tajam ke arah kiri.  Ambil belokkan ke kiri ke arah Desa Gobleg dan ikuti jalan tersebut sampai melewati Restoran Ngiring Ngawedang.  Dari restoran ini perjalanan diteruskan sekitar 2 km ke arah utara (Seririt) hingga tiba di sebuah tikungan dengan penunjuk arah ke air terjun di sebelah kanan jalan.  
Setelah tiba di area parkiran kendaraan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 m meter melalui jalan setapak hingga tiba di depan air terjun.  
Bila membawa kendaraan roda dua masih memungkinkan dibawa hingga mendekati air terjun di dekat pos masuk, hati-hati jalannya sempit dan naik turun. Air terjun yang setinggi kurang lebih 20 meter ini berada ditengah-tengah hutan kopi dan cengkeh di penghujung timur desa Munduk kecamatan Banjar. Deburan air terjun deras sekali dan ditambah dengan suasana yang terpencil memberikan kesan alami bagi pengunjung yang datang. Sebenarnya dari air terjun bisa turun ke desa setempat. Saya mencoba telusur jalur yang bukan aspal, ya saya dari jalur sempit dan kecil itu saya naek ke atas untuk menemukan Air terjun Melanti. Desa Munduk juga kaya akan potensi lainnya seperti perkebunan kopi dan cengkehnya serta tanaman buah-buahan seperti jeruk dan perkebunan bunga, hamparan sawah yang eksotis yang sangat digemari oleh wisatawan untuk trekking.
Selamat menikmati keindahan air terjun Melanting

No comments:

Post a Comment