28/08/2011

Banjar Hot Spring Water


Air Panas Banjar adalah suatu mata air panas alam yang dianggap dapat menyembuhkan penyakit. Airnya ditampung pada suatu kolam renang mungil dikelilingi oleh pedesaan yang unik. Sesuai namanya terletak di Desa Banjar, Kecamatan Banjar ± 5 km sebelah barat dari Lovina dan ± 1 km sebelah barat Wihara Budha. Air Panas Banjar dikenal sebagai sebutan Hot Spring sudah tidak asing lagi bagi para turis lokal atau mancanegara.
Air panas yang muncul dari perbukitan setempat dibuat bertingkat, ditingkat pertama terdiri dari beberapa pancoran dimana wisatawan dapata mandi air panas. Kolam kecil juga tersedia pada tingkatan ini. Pada tingkatan kedua kolam dibuat lebih besar.
Di musim liburan, tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan asing dan lokal ataupun masyarakat sekitarnya.
Untuk mencapai lokasi air panas banjar dapat digunakan kendaraan bermotor karena jalannya beraspal. Kendaraan umum banyak karena melalui jalan raya yang menghubungkan kota singaraja dengan kota-kota kecamatan di bagian barat.

Sumber mata air panas ini diperkirakan berumur ratusan tahun, dan sejak pendudukan jepang sumber air panas ini telah di benahi dan di manfaatkan. pemerintah jepang membangun tiga buah kolam penampungan air untuk berendam, sebab berendam dalam air panas yang mengandung belerang akan bisa menyembuhkan penyakit kulit. Permandian yang di bangun oleh pemerintah jepang ini kemudian di manfaatkan oleh masyarakat umum.

No comments:

Post a Comment