10/04/2011

Mangrove Information Centre, Denpasar-Bali

SEJARAH TAHURA NGURAH RAI DENPASAR
TAHURA Ngurah Rai Denpasar pada awalnya adalah merupakan Kelompok Hutan Prapat Benoa RTK 10. Kawasan hutan mi merupakan hutan Mangrove yang luasnya 1.375,5 Ha.Dalam perkembangannya kelompok hutan mi berubah statusnya menjadi "Taman Wisata Alam Prapat Benoa - Suwung" (TWA-BPS). Perubahan status tersebut berdasarkan pada Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomer 885/Kpts-Ih/1 992 tanggal 8 September 1992.

Agar kawasan tersebut dapat dikembangkan untuk kepentingan lingkungan dan pariwisata; maka Gubemur Bali (pada saat itu Bpk. Ida Bagus Oka) mengajukan permohonan kepada Menteri Kehutanan RI untuk perubahan status dan "Taman Wisata Alam" menjadi "Taman Hutan Raya". Atas dasar permohonan tersebut, maka berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor 493/Kpts-II/1 995 tanggal 15 September 1995 ditetapkan menjadi "TAMAN HUTAN RAYA NGURAH RAI" .Nama Ngurah Rai diambil untuk mengenang jasa pahiawan Bali, I Gusti Ngurah Rai.
Lokasi Tahura Ngurah Rai Denpasar
Berdasarkan letak geografisnya Tahura Ngurah Rai Denpasar berada pada segitiga emas pusat pariwisata di Provinsi Bali. Di sebelah timurpantai Sanur, sebelah barat pantai Kuta dan di sebelah selatan kawasan wisataNusaDua.Akses menuju Tahura Ngurah Rai sangat mudah karena hanya ± 6 km dan kota Denpasar; dan ± 4 km dan Bandar Udara Internasional Ngurah Rai.
Jalan yang terbuat dari kayu(Mangrove Trail ), pengunjung Tahura Ngurah Rai Denpasar dapat menikmati panorama keindahan hutan mangrove dengan jalan santai mengikuti hutan mangrove sepanjang ± 1,4 km menuju pantai.
Menara (Sunbird Tower) terletak ditengah-tengah hutan Mangrove,pengunjung Tahura Ngurah Rai Denpasar dapat melihat pemandangan sekitar Hutan mangrove dan atas menara (Sunbird Tower), dan juga biasanya digunakan buat tempat photograpy seperti poto diatas ini yang diambil dari atas menara(Sunbird Tower).
Pondok Peristirahatan dalam Tahura Ngurah Rai Denpasar tersedia tempat bersantai dan istirahat sambil menikmati alam dan satwa air dan juga bisa menikmati dari jauh suasana deretan kapal di pelabuhan Benoa.
Aneka jenis tumbuhan bakau/mangrove, pada kawasan Tahura Ngurah Rai Denpasar terdapat beraneka jenis tumbuhan mangrove. Jenis-jenis yang dominan : Rhizophora, Mucronata, R.Apiculata, R. Stylosa, Bruguiera gymnorrhita, Ceriops tagal, Sonneratia a/ba, S. Caseoloris, Xylocarpus granatum dan Avicennia marina.

Aneka jenis burung , di dalam kawasan Tahura Ngurah Rai Denpasar terdapat bermacam-macam jenis burung, diantaranya terdapat jenis burung yang dilindungi undang-undang. Cekakak (Halcyon Chioris, Halcyon Sancta, Egretta Garzetta, E. Intermedia, E. Sacra, Rhipidura Javanica, Nectaria Jugularis, Numenius Arquata, N. Phreopus, Gelochelidon Nilotica, Sterna Albifrons, S. Ben galensis, S. Hirundo)
dan juga terdapat satwa lainnya(Kepiting, Biawak dan bermacam jenis ikan ).

Silahkan menikmati keindahan alam hutan bakau- Bali  dan yang ingin belajar photograpy atau yang mau poto pre wedding juga bisa.



5 comments:

  1. sudah pernah kesini.. tempatnya bagus, tapi di beberapa tempat banyak sampah2 nyangkut di pohon bakau.. :)

    ReplyDelete
  2. iya mas, sampah itu datang dari laut dan sungai jadinya nyangkut di pohon bakau, tempat ini bagus buat photograpy.

    ReplyDelete
  3. Anonymous02:25

    tetap di lestarikan aja biar wisatawan banyak yang menyukainya,,,

    ReplyDelete
  4. Tempat ini bagus, kadang kala banyak sampah kiriman dari laut dan sungai, mesti perlu penanganan yang serius dari pemerintah untuk masalah sampah. Objek ini bagus di jadikan tempat Photo Pre Wedding.

    ReplyDelete
  5. Persoalan utama sampah yang di hutan mangrove adalah karena TPA (tempat pembuangan akhir - sampah) Bali berada tepat dekat dengan hutan mangrove.

    Mungkin sudah saatnya sampah-sampah di Pulau Bali di "bawa" keluar Pulau Bali.

    ReplyDelete