10/04/2011

Lesehan Merta Sari di Desa Pesinggahan Klungkung

Lesehan Merta Sari di Desa Pesinggahan Klungkung menjadi tempat yang wajib untuk dikunjungi. Di sini Anda bisa mencoba aneka jenis makanan mulai sate lilit ikan, pepes ikan, hingga sop ikan tuna ‘base genep’  khas Bali.
Warung lesehan Merta Sari ini terletak di Banjar Sukahati, Desa Pesinggahan, Kecamatan dawan, Klungkung. Tempat ini bisa dijangkau sekitar 1 jam arah timur Kota Denpasar.
Di warung ini Anda bisa mencoba aneka jenis masakan khas Desa Pesinggahan, dimana semua bahannya menggunakan ikan laut jenis tuna.

Paket yang biasa dihidangkan terdiri dari sate lilit, pepes ikan, sop ikan, sayur kacang panjang bumbu plecing, kacang tanah goreng, dan tak ketinggalan sambal bawang mentah pedas nan nikmat. Nasi putih hangat di atas piring juga siap disajikan menemani aneka jenis hidangan tersebut.
Warung lesehan Merta Sari ini awalnya sebuah warung sederhana. Warung yang didirikan oleh Ni Wayan Dunia pada tahun 1980 an ini, awalnya hanya menjual nasi, sate lilit dan pepes ikan tuna plus sambal bawang mentah.
“Sate lilit, pepes ikan, dan sop menggunakan bahan ikan tuna. Sementara bumbunya base genep (bumbu lengkap khas Bali),” jelas Komang Yuni, anak dari Wayan Dunia.
Saat ini, warung lesehan ini sudah mempunyai banyak pelanggan, mulai kalangan artis ibukota hingga tokoh politik. Wisatawan penggemar masakan khas Bali yang kebetulan melintasi wilayah Kabupaten Klungkung, seringkali mampir ke warung ini.
“ Mantan Presiden Ibu Megawati sering makan di sini. Beliau paling senang makan sop ikan. Kalau makan sop, bisa makan hingga tiga mangkuk,” ujar Yuni bangga. Photo Mantan Presiden Ibu Megawati terpampang di tengah-tengah warung ini. Lokasi di jalan raya by pass(yang dekat Goa Lawah), sedikit masuk ke dalam kampung, jangan yang di dekat jalan raya.

Selamat menikmati menu kuliner serba ikan di Desa Pesinggahan Klungkung Bali


2 comments:

  1. Giman19:21

    Saya pas tgl 12-11 kemarin mencoba makan di warung lesehan Merta Sari atas rekomendasi Mastomi.. dan ternyata memang Mantap masakannya bener-bener Maknyuss! hehe..

    Tempatnya juga gampang ditemui secara ada plang besar (sebelum Goa Lawah) disisi sebrang jalan masuk menuju warung nya..

    Tapi sayangnya sambil makan sambil sibuk ngusir lalat..(kayanya jadi makin nikmat yah :):):))

    Thanks atas rekomendasinya Mas...

    Giman

    ReplyDelete
  2. Selamat menikmati mas, terima kasih atas kunjungannya di blog saya dan wisata kuliner di bali :)

    ReplyDelete