15/09/2010

Peta Diving dan Snorkeling di Kawasan Wisata Amed

Kawasan Amed merupakan tempat para penyelam berkumpul. Amed terletak di salah satu teluk di timur laut Pulau Bali. Wilayah ini dulunya terkenal dengan garam lautnya yang diproduksi secara tradisional dan terkenal karena keindahan alamnya. Saat ini Amed juga dikenal sebagai salah satu tujuan wisata bawah air di Pulau Bali. Salah satu tempat rekreasi penyelaman di Amed bernama Jemeluk. Para penyelam menggunakan kapal tradisional Jukung untuk mencapainya. Disana mereka bisa melihat penyu, hiu karang, dan ikan pari (tergantung dari kedalaman penyelaman) disamping pemandangan terumbu karang yang sangat indah.
Sekitar 10 meter dari salah satu bibir pantai Lipah terdapat kerangka kapal Angkatan Laut Jepang(Japanese Wreck) pada zaman Perang Dunia II yang karam. Lokasi ini juga dijadikan salah satu daerah wisata selam, seperti yang terdapat di Tulamben terdapat sebuah kapal Amerika Serikat yang karam yang dikenal dengan Liberty Wreck.

Japanese Wreck di Pantai Lipah- Amed

Pantai Lipah yang merupakan teluk lokasinya Banyuning, Bali, Indonesia jarak tempuh  3 km dari Jemeluk atau Amed, pantai banyak perahu nelayan tradisonal(Jukung) dan tidak ada pasir tetapi batu kali(sungai)kalau menurutku, disini terdapat sebuah bangkai kapal Jepang(Japanese Wreck)  yang terletak di dekat pantai dengan dengan jarak dari bibir pantai cuma 10 meter dan kedalaman 5 meter (ideal untuk snorkeling atau diving). Tempat ini merupakan titik keberangkatan dan kembali dari menyelam Anda. Bangkai kapal ini adalah kapal Jepang kecil dengan lambung baja sepanjang 20 meter. Sekarang bangkai kapal ini indah karena bertahtakan gorgon, terumbu dan karang hitam, lokasi ini sangat kaya dan Anda akan melihat antara lain ikan karang, ikan hantu, ikan juvenil, udang, kepiting dan banyak ikan kecil lainnya.

Pantai Lebih Menawarkan Menu Kuliner Serba Ikan Laut

Pantai Lebih terletak di kawasan selatan gianyar, menawarkan keindahannya, dari pantai ini bisa melihat gambaran bentuk pulau Lombok dari barat karena pantai ini dibatasi oleh pulau Lombok pada bagian timurnya, apabila kita berada dipantai ini dan melihat ke selatan maka kita juga bisa melihat bentuk pulau Nusa Penida karena pantai lebih ini pada bagian selatannya dibatasi oleh pulau Nusa Penida. Selain karena keindahan pantainya, bagi para wisatawan yang ingin menikmati kuliner serba ikan disinilah tempatnya.