18/05/2010

Pantai Kutuh atau Pantai pandawa dan Rumput Laut

Pantai Kutuh dan sekarang dinamakan pantai Pandawa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Kawasan pesisir pantai Desa Kutuh memang dikenal sebagai sentra pembudidayaan rumput laut di Bali. Petani  rumput laut di Desa Kutuh, Badung, Bali, baru-baru ini, membuat produk  krupuk dari bahan rumput laut. Dulu sebelum membuat sendiri krupuk rumput laut, warga sekitar menjual rumput laut kering ke pabrik. Namun sekitar 2008, mereka mulai berinisiatif mengolah rumput laut menjadi kerupuk.
Cara membuat kerupuk rumput laut tidak begitu sulit. Cukup campurkan tepung kanji, bawang putih, kunyit, telur, ketumbar, dan garam. Sementara rumput laut dibersihkan dan dimasak. Selanjutnya dicampur menjadi adonan dengan cara diblender. Bahan adonan kemudian dikukus hingga matang. Barulah bisa dipotong dan dikeringkan hingga menjadi kerupuk siap jual. Oleh-oleh khas Bali ini biasa dijual seharga Rp 25 ribu perkilogram. Dalam sebulan saja, para pembuat mampu memproduksi 60 kilogram.
Jalan menuju ke pantai Kutuh atau pantai Pandawa, gampang-gampang susah karena masih banyak jalan yang berkapur belom diaspal, lebih gampangnya lewat jalan baru, dari arah Jimbaran ketemu perempatan  yang menuju Bali Cliff, terus saja sebelum simpangan pintu gerbang Bali Cliff dan ke kiri ke Green Bowl, ada jalan aspal terus kapur yang jalan berkelok dan melewati jembatan terus jalan kapur terus saja, ketemu perempatan kekiri  ke Ungasan dan lurus bisa  tembus ke  Sawangan dan anda ambil ke kanan (Jalan Melasti )yang jalannya kanan kiri tebing kapur yang membuat anda berdecak kagum. Dari atas  Bukit ini anda bisa melihat indahnya pantai Kutuh atau Pantai Pandawa,  hati-hati kalau turun karena kemiringinan sangat ekstrem dan berkelok jalannya. Mungkin yang ingin menikmati pantai dengan perpaduan karang dan rumput laut bisa disini, selain ombaknya yang kecil, dan banyak juga orang yang memancing yang berjejeran di pojok pantai.
Selamat menikmati keindahan pantai di daerah Ungasan, sekarang menjadi terkenal sejak ganti nama menjadi pantai pandawa.
hayook Bali Backpacker berkunjung kesini yang dulu disebut secret beach oleh para surfer karena belom ada jalan untuk menuju pantai, sekarang sudah dibuatkan jalan dan akan di ukir patung Pandawa sepanjang batu-batu tebing kapur ini menuju pantai Pandawa.