16/04/2010

Patroli Penyu di Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta di Bali terkenal di seluruh dunia surganya Backpacker dan pemain Surfing, pemain surfing yang sudah pro maupun yang amatir kumpul disini. Penginapan murah bagi Backpacker berada di sepanjang jalan Popies I sampai Popies II dan Bene Sari, tidak lengkap rasanya kalau ke Bali tidak mampir ke pantai Kuta, ternyata pantai Kuta tidak hanya dikunjungi wisatawan mancanegara maupun lokal, tetapi ada satwa langka penyu lekang(Lepidochelys olivacea) juga ikut berkunjung di Pantai Kuta untuk bertelur. Satgas Pantai Kuta bekerjasama sejak 2002-2011 dengan ProFauna (tahun 2012 di bantu oleh BSTS) dan BKSDA-Bali melakukan penyelamatan sarang telor penyu. Sudah banyak  telor yang diselamatkan sekitar 8000 butir telor dan yang dilepaskan ke laut sekitar 6000 ekor tukik.
Banyak wisatawan yang tertarik untuk melihat penyu bertelur di malam hari di pantai Kuta, yang unik dan misteri karena penyu biasanya suka bertelur di tempat sepi dan gelap, tetapi di pantai Kuta selalu ramai siang malam dengan pengunjung dan lampu penerangan dari hotel-hotel. Satgas pantai Kuta bekerja 24 jam menjaga keamanan pantai Kuta dan kebersihan serta lingkungan sekitarnya.
Musim penyu bertelur di pantai Kuta di mulai bulan Maret sampai September, setiap malam Satgas pantai Kuta berpatroli menggunakan ATV(kendaraan bermotor roda empat) dibantu relawan ataupun wisatawan yang ingin ikut patroli penyu. Selebritis yang sering ikut patroli penyu adalah Melanie Subono dan juga Slank pernah ikut melepas tukik(anak penyu) di pantai Kuta tahun 2005, pelepasan tukik di pantai Kuta sempat masuk di serial film terkenal di Australia, Bondi Rescue: Bali, yang bercerita tentang lifeguard pantai Kuta dan Lifeguard Australia.

Jika anda menemukan penyu di pantai Kuta, tolong hubungi Satgas Pantai Kuta phone 0361-762871
web : www.baliseaturtle.org  
Selamat menikmati liburan anda di pantai kuta.