22/03/2010

Mengintip Eksotisnya Pantai Balangan

Pantai Balangan merupakan salah satu pantai diantara barisan pantai-pantai indah yang berada di daerah Uluwatu Bali. Pantai ini tepatnya terletak di wilayah Pecatu.  Dari Kuta, anda menuju kearah jimbaran terus naik ke Bukit kawasan Uluwatu. Ikuti saja jalan raya yang menuju obyek Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK).  terus saja hingga kamu menemukan perempatan( Nirmala supermarket), di mana jalan ke kiri menuju Bali Cliff, jalan lurus menuju Uluwatu, dan yang ke kanan menuju Pantai Balangan. Ikuti saja jalan itu. Jalan menuju ke pantai Balangan, sudah beraspal tapi berkelok-kelok, kanan kiri masih banyak pohon,banyak perempatan atau pertigaan saran saya ikuti jalan yang ada cat putihnya ditengah(jalan utama) Begitu habis jalan aspalnya, silahkan parkir kendaraan anda, anda sudah sampai di pantai tujuan.
Untuk mencapai bibir pantai, anda harus menuruni anak tangga. Tidak banyak anak tangganya, di bawa santai aja sebab setelah itu anda akan menjumpai hamparan pantai dengan pasir putih bersih yang sangat indah. Dan, ketika anda tiba di sana, bisa jadi hanya anda dan beberapa turis bule yang sedang menikmati keindahan itu. Di pantai Balangan ini pasir di bibir pantai agak lembut jadi berhati-hati anda ketika berjalan(jangan berlari-lari), agak susah kaki melangkah karena  pasir yang gembur.

Pantai Balangan memang tersembunyi. Ia dibatasi oleh tebing setinggi sekitar tujuh meter yang bagian melesak ke dalam karena terkikis air pasang. Di bagian barat, pantai ini dibatasi oleh tebing yang lebih tinggi. Tebing ini tampak hijau arena ditumbuhi oleh pepohonan karang. Di tengah-tengah cekungan tebing timur dan tebing barat inilah pantai Balangan terhampar. Disini terdapat Cafe yang dikelola oleh masyarakat setempat dan juga penginapan buat para Backpacker mancanegara dan  pemain surfing.
Karena letaknya berdekatan dengan pantai Dreamland, pada saat ombak surut, kamu bisa berjalan kaki menyusuri pantai menuju kawasan tersebut. lebih baik memakai sandal karena banyak karang-karang yang tajam, anda juga bisa melihat para pemain surfing(peselancar) bermain dengan ombak yang besar dengan jarak 5-10 meter, sungguh mengasyikkan.
Selamat menikmati liburan anda di pantai Balangan.