16/03/2010

Bersantai di Lilo Beach atau Karma Kandara

Pantai Lilo atau Karma Kandara terletak di Ujung Selatan Pulau Bali, di daerah Ungasan(daerah Bukit), banjar Wijaya Kusuma, Bali. Namanya mungkin asing bagi anda dan mungkin anda pasti bertanya apa hubungan dengan film Lilo & Stitch, mungkin juga pantai sama seperti di film kartun tersebut. Tapi menurut info pantai ini menjadi favoritnya aktris Hollywood Lindsay Lohan, jadi disingkat Lilo beach dan juga penyanyi Nino RAN juga suka pantai ini. Memang di Bali pantai ini belum terkenal dan hanya tamu-tamu yang menginap di Karma Kandara yang mengetahuinya yang rata-rata wisatawan mancanegara dan wisatawan dari Jakarta. Info yang saya dapat dari seorang teman di Jakarta yang memberitahukan ada pantai yang indah di Bali yang namanya Lilo Beach, lalu saya melakukan pencarian akhirnya mendapatkannya. Memang membingungkan tidak seperti pantai lainnya di Bali, kalau kita bertanya dimana pantai Lilo, orang mungkin ragu memberitahunya atau bisa jadi dijawab sebelah Utara Kuta, sebelah Selatan Jimbaran, Saran saya kalau anda mau menuju ke pantai Lilo lebih baik anda tanya dimana Ungasan dan terus dimana Karma Kandara, Lilo beach belum begitu terkenal jadi masih Virgin Beach menurutku.
Karena tidak banyak yang tahu tempat ini dan pantai Lilo tidak ada petunjuk jalannya tetapi anda bisa mengikuti petunjuk jalan Karma Kandara sesudah sampai di ujung parkiran Karma Kandara dan ada Pura, anda tinggal mencari anak tangga yang menuju ke pantai Lilo, yang letaknya diantara Pura dan Karma Kandara, gak mau capek bisa naik semacam lift punya Karma Kandara yang menyewakannya(menurut info 150 ribu per orang)sebagai backpacker saya memilih turunin anak tangga sekalian olahraga, siapkan fisik karena anda akan menuruni anak tangga yang suasana mengasyikkan karena disekitarnya masih alami, banyak pohon besar dan beberapa monyet ekor panjang, di anak tangga ini disediakan tong sampah(jagalah kebersihan)untuk pengunjung yang membawa makanan, botol minuman yang sudah tidak dipakai/habis bisa membuangnya ke tong sampah ini, sesampainya di pantai Lilo akan terbayar lunas rasa capek dan letih dengan keindahan pantai dan pasir putih yang lembut seperti tepung(coba dech anda pegang).
Berenang dan bersantai di Lilo Beach sungguh menyenangkan, anda bisa snorkeling atau kalau tidak punya alatnya bisa kok dengan mata telanjang, tidak perih, bisa liat hamparan pasir putih dan ikan kecil-kecil(kalau anda berenangnya agak jauh dari pantai)

Pantai Lilo mungkin seperti pantai Dreamland sepuluh tahun yang lalu, kalau sekarang Dreamland, Bingin, sudah berubah karena pembangunan yang tidak perhatikan tata letak sehingga banyak batu karang yang rusak, padahal keindahan pantai ini terletak di batu karang yang besar dan tebing-tebingnya bukan villa -villa yang menghadap ke laut yang menyebabkan pencemaran lingkungan sekitarnya(misalnya air laut banyak sampah plastik).  Pantai Lilo ini sepi hanya masyarakat sekitar yang melakukan kegiatan mancing atau bertani rumput laut, anda akan merasa memiliki pantai ini karena sepi dan hening. Kita harus menjaga pantai Lilo ini tetap seperti sekarang  ini dapat anda lakukan dengan jangan buang sampah plastik sembarangan.
Temukan dan nikmati keindahan pantai Lilo atau Karma Kandara.