09/03/2010

Melihat Barongsai di Padi Padi

Saya mendapat undangan perayaan serta makan-makan di Padi Padi resto & Lounge di jalan Sunset Road- Kuta Bali. Sebelum acara diadakan pertunjukan Barongsai dari kelompok Pusaka Tantra di Banjar Dharma Semadhi Kuta, Bali.
Barongsai adalah tarian tradisional Cina dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun, Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti Chin sekitar abad ke tiga sebelum masehi. Masyarakat Tionghoa percaya singa adalah lambang kebahagiaan dan kesenangan. Tarian Singa dipercaya merupakan pertunjukan yang dapat membawa keberuntungan sehingga umumnya diadakan pada berbagai acara penting seperti pembukaan restoran, pendirian klenteng, dan tentu saja perayaan tahun baru. Kelompok barongsai Pusaka Tantra di Banjar Dharma Semadhi, vihara Dharmayana Kuta, Bali. Sebagian besar anggota kelompok ini masih remaja. Semuanya anggota Sekaa Teruna Teruni, kelompok remaja, Eka Dharma di banjar setempat. Anggota paling kecil kelompok barongsai ini bahkan masih SD. Namun sebagian besar sudah SMA atau malah bekerja. Dengan lincahnya anak-anak muda memainkan tarian barongsai yang memukau penonton, barongsai ada tiga, terakhir ada tarian naga(Liong). Para penari liong menirukan gerakan-gerakan makhluk naga ini(berkelok-kelok dan berombak-ombak). Gerakan-gerakan ini secara tradisional melambangkan peranan historis dari naga yang menunjukkan kekuatan yang luar biasa dan martabat yang tinggi.
Naga dipercaya bisa membawa keberuntungan untuk masyarakat karena kekuatan, martabat, kesuburan, kebijaksanaan dan keberuntungan yang dimilikinya. Penampilan naga terlihat menakutkan dan gagah berani, namun ia tetap memiliki watak yang penuh kebajikan.
Tepuk tangan penonton dan undangan sangat meriah sesekali mereka memberi Angpao adalah bingkisan dalam amplop merah yang biasanya berisikan sejumlah uang. Kemeriahan perayaan akhirnya ditutup dengan acara makan malam dan live musik di Padi-Padi resto yang terletak di jalan Sunset Road Kuta sebelum Carrefour. Padi- Padi restro menawarkan berbagai masakan khas Indonesia, Soup Kepala Ikan asam pedas, Bebek Goreng, Tapi menurut penyanyi dan presenter Melanie Subono, Soup Buntut Goreng nya muantap tenan. Harga makanan disini relatif terjangkau, disini suasana nya tenang dan kita bisa melihat pemandangan sawah yang hijau terbentang luas di belakang restaurant ini.
Selamat menikmati liburan anda dan temukan hal-hal yang menarik selama berada di Bali.