25/02/2010

Melihat Holy Snake di Tanah Lot

Anda ingin menikmati sunset sekaligus Pura dan Pantai tidak usah bingung , anda bisa ke Tanah Lot disitu juga anda dapat melihat dan menyentuh Ular Suci yang berada di sekitar Pura Tanah Lot. Parkiran luas, tempat makan dan Art Shop banyak tersedia disini. Jarak tempuh hanya 30 menit dari Kuta, lokasi Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan.

Bersantai di Gili Trawangan


Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Gili Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian.
Kalau anda suka Diving atau pun Snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau, dengan sepeda gayung(disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan)atau Cidomo (sejenis delman)., tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain)

Menanti Senja di pantai Jimbaran

Kalau anda datang ke Bali terus ingin menikmati ikan bakar dan melihat jingga senja, datanglah lebih awal sebelum matahari terbenam sekitar jam 5 sore. Kita bisa makan ikan bakar pilihan kita, sambil menikmati suara ombak dan semilir angin laut yang menenangkan pikiran. Menjelang malam tiba deretan cafe ikan bakar ini akan semakin indah dan romantis, sepanjang pantai terlihat lilin yang menghiasi meja-meja makan dan juga alunan musik dari para pemusik pantai yang menyanyikan lagu-lagu romantis barat(bukan hanya bahasa Inggris) .
Disisi selatan, kita bisa melihat kerlap kerlip lampu hotel berbintang lima yang berada Bukit Jimbaran, sedangkan disisi utara, kita dapat menyaksikan naik-turunnya pesawat serta kesibukan Bandara Ngurah Rai. Jarak tempuh dengan menggunakan kendaran bermotor hanya 15 menit dari Kuta dan 30 menit dari Denpasar menuju pantai Jimbaran.
Banyak juga paket tour anak sekolah atau perusahaan dari Indonesia yang makan disini, wisatawan lokal maupun mancanegara juga ada. Sebuah cafe ikan bakar yang cukup khas dan cita rasa masakan yang unik. Disini kita dapat langsung memilih berbagai jenis ikan, udang, kepiting, kerang ataupun cumi-cumi yang masih segar. Apapun yang kita pilih, langsung ditimbang beratnya dan kemudian diolah menjadi makanan lezat sesuai dengan selera kita, apakah mau dibakar, digoreng tepung atau dibuat dengan bumbu asam manis.
Menu makanan laut yang disajikan pun terkesan tidak jauh berbeda dari kafe-kafe disekitarnya. Menu ikan bakar disantap bersama dengan nasi putih hangat(biasanya diberi nasinya sebakul jadi puas dech kalau mau nambah) ditambah Sambal matah (sambal Bali), rasanya segar dan pedasnya menggigit dan plecing kangkung ( kangkung rebus yang rasanya segar dan masih renyah ini disajikan dengan sambal plecing yang gurih pedesnya khas Bali ).

Silahkan mencoba menu Ikan Bakar khas Jimbaran.

Ada Teletubies di Bromo

Kawasan Wisata Bromo
Di wilayah pegunungan di Tengger, kita mengenal adanya Gunung Batok, lautan pasir, dan kawah Gunung Bromo yang terkenal.
Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Gunung Bromo, yaitu dengan melihat sun rise dari pukul 4 pagi di puncak gunung Penanjakan, sudah banyak orang yang kumpul di puncak Gunung Penanjakan mereka rata-rata bawa mobil sendiri atau sewa Jip Hardtop buat pagi nya turun ke bawah untuk melihat Kawah Gunung Bromo atau tempat wisata lainnya.

Bromo tidak hanya Gunung tetapi melihat savanna yang indah yang berada di Bromo Selatan ini. Warna padang rumputnya hijau dengan ilalang berwarna pink. Penduduk sekitar menyebut padang rumput ini dengan nama Bukit Teletubies karena bentuknya yang menyerupai rumah para teletubies,karena begitu indahnya seperti temapt bermainnya Teletubies. Ternyata ini yang dibilang orang-orang ada Teletubies di Bromo, tidak rugi ternyata datang berpetualang di kawasan Bromo, anda bisa menikmati hamaparan luas lautan pasir inget aku seperti film Pasir berbisik apalagi ditemani Dian Sastrowardoyo. Di sekitar Bromo ada Pura Luhur Kahyangan Poten, tempat masyarakat suku Tengger melaksanakan upacara Yadnya Kasada atau upacara Piodalan merupakan upacara ulang tahun Pura Luhur kahyangan Poten yang dilaksanakan pada purnama Kasada berdasarkan hitungan kalender Tengger, meskipun sebutannya bertepatan dengan purnama Kasada, upacara piodalan tidak harus berbarengan dengan Yadnya Kasada, tapi bisa sebelumnya atau sesudahnya.
Selamat menikmati pemandangan kawasan Bromo yang terdapat bukit Teletubies bukan Teletubies nya tetapi anda bisa bermain jadi Teletubies di bukit ini.

Wisata bawah laut di Nusa Penida

Nusa Penida adalah sebuah pulau (nusa) yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.
Karena letaknya yang diseberang lautan, maka tentu saja sarana transportasi laut menjadi tumpuan utama. Kurang lebih 10 tahun yang lalu, sarana transportasi laut dari dan ke Nusa Penida sangatlah terbatas. Yang ada hanyalah jukung-jukung kecil(perahu kecil) bermesin seadanya, juga perahu perahu barang yang sekalian juga angkut penumpang. Dari pantai Sanur dan pantai Kusamba ada juga dari Padang Bai, perahu-perahu tersebut biasanya membawa barang hasil bumi dan rumput laut tapi mesinnya cuman berkekuatan 50 PK. sekarang mau pergi berwisata ke Nusa Penida ada berbagai macam pilihan sekarang baik dari jukung-jukung yang berbadan lebar sampai kapal feri dari Pelabuhan Padang Bai dan juga Kapal Cepat seperti Quicksilver dari Pelabuhan Benoa. Nusa Penida merupakan daerah kering dengan tekstur tanah berkapur. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani, nelayan dan buruh, dan lainnya sebagai pedagang.
Pariwisata masih yang berkembang di Nusa Lembongan sudah banyak vila-vila, sementara di Nusa Penida masih belum berkembang sama sekali, hanya terlihat aktivitas snorkeling dan diving. Nusa Penida termasuk wilayah Kabupaten Klungkung. Ada 3 kepulauan yang membentuk wilayah Nusa Penida yaitu Nusa Penida (pulau besar), Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.
Kalau anda berangkat dari Pelabuhan Sanur maka pilihan yang tersedia adalah naik Perahu/boat waktu yang ditempuh sekitar 2 jam dan tiba di pelabuhan Toyapakeh, Nusa Penida. Bagi yang memilih berangkat dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem, ada dua alternatif, dengan speed boat atau naik kapal ferry roro. Bagi yang dikejar waktu, speedboat jadi pilihan yg tepat karena waktu tempuhnya cukup singkat kurang lebih 30-40 menit. Akan tetapi bagi yang membawa kendaraan roda dua/roda empat, maka kapal ferry jadi pilihan, waktu tempuhnya sekitar 1-1,5 jam. jadwalnya pun hanya sekali sehari (siang), bandingkan dengan speed boat yang bisa sampai 15 kali sehari round trip Padangbai-Penida.
Disana juga terdapat temapat yang indah untuk dikunjungi Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di sebelah selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan Laut dengan tebing yang berketinggian antara 50 – 200 meter. Untuk yang suka menyelam(Diving) dan Snorkeling pulau Nusa Penida punya temapat yang terkenal dengan kawasan selamnya diantaranya terdapat di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point
Setiap tahun penyelam datang dari penjuru dunia untuk menikmati keindahan bawah laut Nusa Penida. Disamping terumbu karang yang berwarna-warni dengan aneka jenis ikan karang, perairan Nusa Penida juga rumah bagi hewan laut langka seperti pari manta (manta ray), penyu (sea turtle), paus dan lumba-lumba (cetacean).
Namun diantara semuanya itu, ikan mola-mola (oceanic sunfish) merupakan hewan laut yang fenomenal dan menjadi primadona bagi dunia bawah laut Nusa Penida. Bentuknya yang unik, besar di bagian kepala dengan mata jenaka dan dua sirip yang menjulang seperti tanpa ekor.
Mola-mola akan terlihat di perairan Nusa Penida sekitar bulan Juli-November setiap tahunnya. Dua titik penyelaman yang dapat melihat mola-mola biasanya dijumpai yaitu Blue Corner dan Crystal Bay. Penyelam biasa melihat mola-mola bergerombol 2 sampai 8 ekor. Ukuran rata-rata mola-mola sekitar 1.8 meter, dan ukuran terbesar yang pernah ditemukan sekitar 3.4 meter.
Keberadaan mola-mola bukan hanya menarik tapi juga aset penting bagi Nusa Penida. Secara tak sengaja mola-mola mati akibat terjerat pancing dan jaring (by catch). Jumlah penyelam yang terlalu banyak, dan kadang “memaksa” untuk mengambil gambar bersama mola-mola dengan jarak yang terlalu dekat juga mengusik keberadaan mola-mola. Bahkan beberapa mola-mola dijumpai mati akibat menelan plastik yang mereka kira ubur-ubur sebagai makanannya. Untuk itu kita harus menjaga kebersihan Pantai dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan buanglah pada tempatnya.
Silahkan berlibur di Nusa Penida bagi anda yang suka kehidupan bawah laut.

The Secret Beach in Bali

Pantai rahasia di Bali adalah pantai Bingin (Bingin Beach) ya benar dulu hanya orang tertentu yang tahu ada pantai Bingin, karena untuk menuju pantai kita harus melewati kebun penduduk terus menuruni tangga batu di jalan sempit dan juram di tepi batu-batu karang. Bertitik dari puncak tebing sampai ke pantai  begitu banyak warung dan penginapan.
Mereka juga menawarkan makanan dan pijat bagi yang pegal-pegal habis turun naik tangga atau berselancar. Beberapa warung yang menyediakan akomodasi untuk anda yang ingin honeymoon atau menikmati indahnya panorama pantai Bingin.
Daerah ini terkenal apa yang terletak di bawah tebing dan 100 meter dari pantai. Pantai Bingin hanya di ketahui oleh para peselencar dari mulut ke mulut di karena kan ombak pantai Bingin yang bisa mencapai ketinggian 5 meter.
Pantai Bingin yang berada dalam satu garis pantai itu antara pantai Dreamland dan pantai Padang Padang. Seluruh pantai itu mampu memberi puncak-puncak gelombang secara sinambung dalam jarak sekitar tiga kilometer. Ada yang konsisten dengan keteraturan gelombang yang indah pecah di karang membentuk hander kiri yang sempurna.
Sebelah kiri terletak pantai Bingin terdapat karang terkenal lain yang disebut Impossible. Bila  tinggal di Bingin, akan terbiasa dengan gaya hidup santai. Kecuali orang yang suka keramaian ya pantai Kuta tempatnya tetapi yang membenci keramaian ingin pergi ke tempat-tempat sunyi disini tempatnya Bingin Beach. Air laut pantai ini sangat jernih dan gelombangnya cukup tinggi, sehingga merupakan pantai yang paling dikenal dikalangan peselancar dunia. Di sore hari,  bisa melihat pemandangan sunset yang begitu indah.
Gelombang demi gelombang peselancar menikmati diri mereka sendiri mendapatkan barel setelah barel. Dari Bingin Beach dapat berjalan kaki di sepanjang garis pantai menuju Dreamland Beach atau Padang-Padang tetapi kalau airnya surut  yang terdapat karang pantai.
Pantai Bingin yang terletak di Kabupaten Badung Kecamatan Kuta Selatan Desa Pecatu sebagai objek wisata surfing. Dimana Pantai Bingin berjarak sekitar 32 Km dari Kota Denpasar dan untuk menuju lokasi dapat ditempuh melalui dua arah, yaitu sekitar 6 Km ke utara dari kawasan luar Pura Uluwatu, atau 5 Km ke barat dari Kantor Kepala Desa, Desa Pecatu.