15/12/2010

Gultik(Gulai Tikungan) Legenda Kuliner Blok M

Kawasan Blok M, Jakarta Selatan  tempat kuliner  terlengkap di Jakarta, tapi ada legenda kuliner yang sering disebut Gultik yang mangkal di kawasan Bulungan. Gultik atau Gulai Tikungan lantaran penjualnya mangkal di tikungan Blok M Plaza. Mereka menggelar dagangan dengan gerobak mulai pukul 16.00 hingga subuh. Rata-rata pedagang gultik telah berjualan sejak lama, bahkan ada yang mulai jualan sejak tahun 1977. Awalnya belasan pedagang gulai berjualan dengan berkeliling di sekitar terminal Blok M. Lalu, setelah Blok M Plaza dibangun sekitar tahun 1991, mereka mulai menetap di sekitar tikungan. Gulai yang berisi kikil, tetelan sapi, ditambah kuah dari santan lalu ditabur bawang goreng dan kecap manis serta nasi dihargai Rp 6.000 per porsi.

Jumlah pengunjung yang datang tak berubah mungkin makin banyak penggemarnya dikarenakan tempatnya yang unik dan  pemandangan yang bisa melihat kawasan Blok M dengan luas, ramainya pembeli malam Sabtu sama malam Minggu.
Sehabis menonton musik di wapres atau sehabis olahraga di Bulungan bisa mampir makan di gultik ini karena jaraknya tidak terlalu jauh.
Selamat menikmati Gulai Tikungan yang murah meriah.

1 comment: