18/10/2010

Teluk Kehen Nama Lain Candidasa

Pantai berpasir putih tersebut sebenarnya bernama Teluk Kehen, namun dalam perkembangannya menjadi obyek wisata dengan nama Candidasa, maka pantai Teluk Kehen berubah nama menjadi kawasan pariwisata Candidasa sesuai dengan nama pura yang ada di wilayah Teluk Kehen. Sekitar pertengahan 1980-an, Pariwisata Candidasa berkembang, beberapa orang bilang Candidasa seperti Pantai Kuta zaman dulu yang sepi dan nyaman. Fasilitas yang mendukung Restoran , Hotel berbintang, Villa banyak terdapat di tempat ini, bagi para Backpaker yang ingin menginap dan menikmati suasana Candidasa. Serta kolam bunga teratai  yang sangat luas dan indah, dipinggir jalan raya menuju Kota Amlapura Ibukota Karangasem-Bali.

Salah satu cerita yang menjadi mitos tentang keberadaan Pura Candidasa yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat setempat adalah Arca Dewi Hariti yang terletak pada sebuah relung di bagian bawah tebing bukit. Konon dikisahkan bahwa Dewi Hariti pada mulanya adalah seorang yaksa dalam Agama Budha yang gemar memakan daging anak-anak. Namun setelah mendapat pencerahan ajaran Agama Budha, Sang Dewi kemudian bertobat dan berbalik menjadi pelindung dan penyayang anak-anak.
Arca Dewi Hariti selanjutnya dipahatkan bersama 10 orang anak-anak yang mengerubutinya, sebagai ciri pelindung, penyayang, dan juga sebagai perlambang kesuburan dan kemakmuran. Masyarakat setempat meyakini bahwa Dewi Hariti berarti ibu beranak banyak yang dapat memberikan anugerah kesuburan dan kemakmuran. Oleh karenanya maka tempat ini banyak didatangi dan dimanfaatkan oleh pasangan suami – isteri yang belum dikaruniai keturunan untuk memohon do’a dengan membawa sesajen yang dipersembahkan kepada Dewi Hariti.
Candidasa terletak di Dusun Samuh, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem-Bali berjarak 12 km dari Kota Amlapura dan sekitar 45 km dari Kota Denpasar. Pulau-pulau kecil yang berada di Kawasan Candidasa yaitu Gili Tepekong, Gili Biaha, Gili Mimpang, Pulau-pulau kecil ini menyimpan keindahan panorama bawah laut berupa terumbu karang warna-warni menjadi perpaduan yang menarik dengan ikan serta mahluk-mahluk laut yang berwarna-warni pula. Pulau-pulau kecil yang dapat dijangkau dengan menyewa  perahu nelayan (jukung). Obyek wisata bahari  yang terdapat menjadi pilihan untuk melakukan berbagai aktifitas, seperti sun bathing,  Snorkeling, Fishing, Diving.
Di Candidasa terdapat tempat istirahat dan makan bagi pengendara motor dan Backpacker dekat jalan raya menuju Kota Amlapura Ibukota Karangasem-Bali, dengan  pemandangan Pulau Nusa Penida yang dipisahkan lautan. warung-warung makan disini termasuk murah meriah bagi kantong Bali  Backpacker.
Selamat menikmati keindahan Candidasa.

No comments:

Post a Comment