06/09/2010

Pura Luhur Batukaru

Pura Luhur Batukaru terletak di Desa Wongaya Gede Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan. Lokasi pura ini terletak di bagian barat Pulau Bali di lereng selatan Gunung Batukaru. Pura Luhur Batukaru berdiri di kaki Gunung Batukaru yang dikelilingi ribuan jenis pepohonan. Tentu saja jika dilihat dari letak geografisnya, pura ini berada di daerah yang berhawa sejuk dan segar, sehingga tidak berlebihan jika, pura ini dikatakan memiliki kekuatan relaksasi yang cukup besar. Memasuki areal pura dari sisi selatan, beraneka ragam patung kuno akan menghantarkan langkah kita menuju halaman utama pura.

Kemungkinan besar nama pura ini diambil dari nama Gunung Batukaru ini. Bagi mereka yang ingin sembahyang ke Pura Luhur Batukaru sangat diharapkan terlebih dahulu sembahyang di Pura Jero Taksu. Pura Jero Taksu ini memang letaknya agak jauh dari Pura Luhur Batukaru.Tujuan persembahyangan di Pura Jero Taksu itu adalah sebagai permakluman agar sembahyang di Pura Luhur Batukaru mendapat sukses. Pura Taksu ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan Pura Luhur Batukaru. Setelah itu barulah menuju pancuran yang letaknya di bagian tenggara dari pura utama namun tetap berada dalam areal Pura Luhur Batukaru.
Air pancuran ini adalah untuk menyucikan diri dengan jalan berkumur, cuci muka dan cuci kaki di pancuran tersebut terus dilanjutkan sembahyang di Pelinggih Pura Pancuran tersebut sebagai tanda penyucian sekala dan niskala atau lahir batin. sebagai syarat utama agar pemujaan dapat dilakukan dengan kesucian jasmani dan rohani. Sementara itu disisi timur Pura Luhur Batukaru terdapat danau kecil yang memiliki pelinggih tepat ditengah-tengahnya. Pelinggih adalah tempat stana Hyang Widhi WaƧa dengan segala manifestasinya yang dibuat sesuai dengan Asta Dewa dan Asta Kosali serta telah disangaskara.
Pura Luhur Batukaru adalah pura sebagai tempat memuja Tuhan sebagai Dewa Mega Dewa. Karena fungsinya untuk memuja Tuhan sebagai Dewa yang menumbuhkan tumbuh-tumbuhan dengan memfungsikan air secara benar, maka di Pura Luhur Batukaru ini disebut sebagai pemujaan Tuhan sebagai Ratu Hyang Tumuwuh arti sebutan Tuhan itu adalah Tuhan sebagai yang menumbuhkan.

No comments:

Post a Comment