24/09/2010

Jemeluk Menyimpan Keindahan Kehidupan Bawah Laut

Jemeluk merupakan Kawasan Wisata Amed yang memiliki keindahan pantai dengan sunrise-nya, juga kehidupan bawah laut menawarkan tempat yang bagus untuk latihan diving atau menyelam. Dengan pantai  pasir hitam yang menawan, keadaan air yang sangat jernih, biota laut yang beragam, kehidupan terumbu karang yang terjaga kelestariannya, maka snorkeling dan diving di sini sangat diminati.  beberapa dari bibir pantai anda akan menemukan kepingan-kepingan kecil dan taman coral(karang laut) yang paling indah yang pernah anda lihat, yang dapat dicapai dengan berenang selama 5 menit. Di sini bagus untuk snorkeling, daerah ini berkembang karena keindahan lautnya.

Keindahan bawah laut Jemeluk tidak kalah dengan Bunaken (Manado), di Jemeluk Terumbu Karangnya memiliki kekhasan yang tak dapat ditemui di perairan mana pun di dunia. Terumbu Karang di kawasan wisata ini membuat para turis menjatuhkan pilihan untuk melakukan penyelaman di kawasan ini.
Di atas bukit anda bisa melihat Teluk Jemeluk, akan terlihat panorama alam yang indah dengan latar belakang Gunung Agung dan hamparan laut yang luas. Berdasarkan cerita rakyat setempat nama Jemeluk berasal dari kata "menyeluk" atau "seluk" yang berarti teluk.
Lokasi Jemeluk terletak di Desa Purwakerti-Amed, Kecamatan Abang, Karangasem sekitar 100 km dari Denpasar atau 21 km dari Amlapura. Jangan takut di daerah ini dapat ditemukan restoran, hotel atau anda menemukan tulisan  room avialable(semacam homestay atau penginapan yang sederhana)dan warung makan kelas eropa ataupun warung makan biasa yang sederhana(maaf nasi padang tidak ada di sini, yang ada nasi Bali, nasi goreng, mie goreng, dll)
Jemeluk merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi dengan kehidupan bawah air yang mengagumkan. Air yang jernih membuat para pengunjung nyaman bila melakukan aktifitas bawah air untuk melihat ikan-ikan tropis dan kehidupan bawah air lainnya. Di Daerah ini bisa melihat proses pembuatan garam tradisional yang dibuat penduduk setempat, kalau mau membeli buat oleh-oleh juga ada yang menjual di pinggir jalan, serta ingin mencicipi rasa ikan laut yang masih segar hasil nelayan tradisional juga ada dijual di pinggir jalan(tapi bakar sendiri).Disamping panorama bawah air, kita juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang indah dengan perbukitan dan lembah menawan dikombinasikan dengan laut yang luas. Anda bisa menuju ke Bukit Bangle dimana pemandangan lembah dan Bukit seperti di Lukisan atau gambar waktu kita kecil.
Kehidupan masyarakat di daerah Jemeluk pada umumnya adalah nelayan. Suasana pedesaan yang kental, tradisi masih asli belum terpengaruh budaya asing, keramah-tamahan masih kental, keindahan matahari terbit / sunrise di pagi hari, akan menambah suasana eksotik, sambil menikmati makan pagi.
Selamat menikmati suasana pantai, bawah laut, serta tidak kalah menarik anda bisa melihat kemunculan matahari (Sunrise) dan terbenamnya (Sunset) ini yang sering ditunggu wisatawan menunggu di sore hari, kita  berada diatas bukit melihat teluk Jemeluk yang dipenuhi perahu nelayan(jukung) dan pemandangan bukit-bukit yang hijau serta Matahari yang tenggelam disamping Gunung Agung.

1 comment:

  1. Anonymous16:11

    sebenarnya sy udah pernah ke sini sih.. tapi karena nyampe di sana udah tengah hari, jadi pnas banget.. dan ngga dapet foto2an gitu.. sebenernya sy pengen ke tempat mas foto (foto no.2 dr atas), tapi ngga tau tempatnya :(
    dimana itu ya?

    ReplyDelete