15/09/2010

Japanese Wreck di Pantai Lipah- Amed

Pantai Lipah yang merupakan teluk lokasinya Banyuning, Bali, Indonesia jarak tempuh  3 km dari Jemeluk atau Amed, pantai banyak perahu nelayan tradisonal(Jukung) dan tidak ada pasir tetapi batu kali(sungai)kalau menurutku, disini terdapat sebuah bangkai kapal Jepang(Japanese Wreck)  yang terletak di dekat pantai dengan dengan jarak dari bibir pantai cuma 10 meter dan kedalaman 5 meter (ideal untuk snorkeling atau diving). Tempat ini merupakan titik keberangkatan dan kembali dari menyelam Anda. Bangkai kapal ini adalah kapal Jepang kecil dengan lambung baja sepanjang 20 meter. Sekarang bangkai kapal ini indah karena bertahtakan gorgon, terumbu dan karang hitam, lokasi ini sangat kaya dan Anda akan melihat antara lain ikan karang, ikan hantu, ikan juvenil, udang, kepiting dan banyak ikan kecil lainnya.
Didekat pantai Lipah ada Maharasta Cafe disini bisa sewa peralatan snorkeling atau minta diantar dengan perahu(Jukung) juga bisa, yang belum terbiasa snorkeling lebih baik ditambah baju pelampung(Life Jacket) karena arusnya termasuk keras. Untuk menemukan lokasi Maharasta Cafe bisa cari  Eka Purnama Bungalow atau Baliku didepannya ada jalan turun ke pantai Lipah.

Japanese Wreck adalah kapal  Angkatan Laut Jepang yang tenggelam di tembak Belanda dan sekutunya.
Menurut cerita dari penduduk setempat bahwa dulu, sekitar tahun 1942(menurut wikipedia Jepang mendarat di Bali) dimana Jepang melawan Sekutu termasuk Belanda, Kapal Jepang ini melarikan diri dari sergapan kapal-kapal musuh dan pesawat terbang, dan akhirnya tertembak dan karam di pantai Lipah. Kapal ini termasuk kapal barang yang memasok kebutuhan barang untuk Tentara Jepang.
Silahkan berwisata di Kawasan Amed dan menikmati pemandangan bawah laut yang indah.

2 comments:

  1. Tolong tanya kalau snorkling di situ berapa ya harganya kira2 ?

    ReplyDelete
  2. tidak terlalu mahal 50 ribu kaki katak(Fin) dan snorkel plus lifejacket(jaket pelampung), yang muarah di jemeluk di Diver's Cafe dan di pantai Lipah, sewa aja didepan Maharasta Cafe.
    Selamat mencoba...nikmati keindahan bawah laut dan ceritakan pengalamannya ke Blog ini...

    ReplyDelete