16/09/2010

5 Holy Spring(Toya Masem) Bukit Bangle-Karangasem

Desa Bangle yang hampir dikelilingi bukit seperti berada lembah dengan pedesaan yang sangat tradisional hanya ada jalan terbuka kearah Amed atau pantai Bunutan, yang dikelilingi oleh Gunung Napu(735m), Gunung Seraya(1230m), Gunung Bisbis(1068m), Desa Bangle sering disebut Bukit Bangle karena lokasi yang berbukit-bukit.

5 Holy Spring(Toya Masem) adalah mata air yang mengeluarkan rasa yang berbeda-beda, Lokasi di Banjar Bangle , Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Karangasem. Jarak tempuh menuju ke Bukit Bangle 10 Km dari Amed, dari pertigaan pasar Bunutan ambil jalan ke kanan karena lurus ke Lipah kekiri menuju pantai nelayan Bunutan. Di sepanjang jalan menuju Toya Masem akan melihat pemandangan alam yang sangat indah, tidak terasa anda sudah dikelilingi oleh dua buah bukit kanan-kiri anda, bukit-bukit yang hijau dan hamparan hijau sawah dibawahnya yang membentuk seperti lukisan alam. Jalan lurus saja sampai ketemu pohon beringin besar dan terus ambil jalan menanjak menuju SD Negeri 2 Bunutan, disitu sudah ada papan nama Toya Masem.

Sesampainya di SD Negeri 2 Bunutan cari warung yang berada disampingnya, anda bisa beli keperluan untuk menuju ke mata air 5 rasa(Toya Masem) yang jarak tempuh 1 Km, harus jalan kaki. Di warung tersebut bisa titip kendaraan atau minta tolong masyarakat menjadi guide kalau anda takut nyasar.
Sepanjang perjalanan kita akan menemui persawahan yang indah yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang hijau, serta sapi yang lagi istirahat di kandangnya. Melewati sungai kecil dengan batu kali yang besar-besar dan serta sedikit menaiki bukit kecil yang dibaliknya terdapat mata air 5 rasa(Toya Masem).
Mata Air 5 rasa(Toya Masem) yang saya coba minum pertama terasa hambar(tidak terasa apa-apa) kedua terasa sepet, ketiga sepet-sepet masam, keempat masam, kelima masam-masam seperti kena besi karatan.
Ditemukan mata air ini sekitar tahun 1980 an, katanya mata air ini bisa untuk obat dan menyembuhkan berbagai penyakit. Di mata air ini ada Pura kecil yang sedang dalam tahap penyelesaian, dan juga banyak pohon-pohon Jambu Mete yang tumbuh di sekitar mata air ini.
Silahkan rasakan keanehan rasa air di Toya Masem.

3 comments:

  1. salam kenal...
    http://mapasti-stmik.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Thanks Doc.Mapasti telah berkunjung di Blog Wisata-backpacker.blogspot.com , salam kenal juga

    ReplyDelete
  3. Mudah mudahan saya ada umur panjang sehingga di berikan kesehatan untk bisa pedek ke sana.

    ReplyDelete