26/03/2010

Warung Kusuma : nasi campur Bali khas Gianyar

Warung Kusuma Jalan Tukad Petanu, Gianyar, menyediakan masakan khas Bali, yaitu nasi campur khas Gianyar, lawar babi. Warung Kusuma terkenal di daerah Gianyar karena rasa makanan seperti masakan di kampung yang tradisional yang terasa bumbunya dan terasa nikmat.
Nasi campur Bali, biasanya campuran dari berbagai masakan Bali, ada lawar babi, babi goreng,ayam suwir,  ditambah jukut ares.

Jukut Ares adalah salah satu masakan khas Bali yang paling populer dan biasanya dihidangkan saat ada syukuran ataupun kini bisa dinikmati di rumah makan khas Bali. Masakan ini biasanya non halal (karena biasanya dicampur dengan daging babi). Jukut Ares terbuat dari pohon pisang muda yang dicampur dengan daging Babi dan juga Basa Genep (bumbu lengkap khas Bali). Pohon pisang ini diiris-iris tipis, lalu dimasak dengan bumbu khas Bali tersebut.
Lawar adalah sejenis lauk pauk yang dibuat dari campuran daging atau ikan dengan sayur mayur dan bambu, daun belimbing, buah pepaya muda, ataupun nangka muda. Untuk membuat lawar, sayuran tersebut dicincang, kemudian diberi bumbu dan campuran rempah. Untuk menambah citarasa dan kelezatan, lawar ditambah dengan cincangan daging. Daging hanya sebagai pelengkap saja. Ada juga yang menggunakan darah sebagai campuran, yang akan menghasilkan lawar merah. Biasanya, lawar bercita rasa pedas, tetapi yang dijual di warung - warung untuk wisatawan, biasanya tidak begitu pedas dan tidak menggunakan darah.
Kalau anda ingin mencoba nasi campur Bali semuanya serba ayam ada di Denpasar, namanya Warung Satria di Denpasar ada dua warung Jl.Kedondong 11, Jl.WR.Supratman 254, dan di Kuta di Jalan Blambangan, belakang Supernova supermarket.
Silahkan mencoba nasi campur Bali dan Lawar.

1 comment:

  1. Anonymous16:02

    mantap... masakan khas bali memang tiada duanya...nyam..nyamm .. membaca ini perut jadi laper..

    ReplyDelete