25/02/2010

Melihat Holy Snake di Tanah Lot

Anda ingin menikmati sunset sekaligus Pura dan Pantai tidak usah bingung , anda bisa ke Tanah Lot disitu juga anda dapat melihat dan menyentuh Ular Suci yang berada di sekitar Pura Tanah Lot. Parkiran luas, tempat makan dan Art Shop banyak tersedia disini. Jarak tempuh hanya 30 menit dari Kuta, lokasi Tanah Lot berada di Kabupaten Tabanan.
Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang Brahmana yang mengembara dari Jawa. Ia adalah Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben, iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben menyuruh Danghyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Ia menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot beliau dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura disana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang Kuning/Putih dan mempunyai racun 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Akhir dari legenda menyebutkan bahwa Bendesa Beraben 'akhirnya' menjadi pengikut Danghyang Nirartha. Peninggalan beliau di Tanah Lot adalah ular laut yang jinak dan dijadikan sebagai ular suci bagi warga setempat. Ular ini kadang muncul dan kadang menghilang, Ular ini jinak disentuh tidak bergerak hanya diam saja.
Bila anda berkunjung ke Pura Tanah Lot, bisa melihat dan menyentuh,ular suci, yang ada di sebuah Gua di sekitar Pura. Konon menurut cerita orang yg menjaga tempat ular tersebut, bila ular itu di sentuh, maka kita akan mendapat pahala dan yg pasti keselamatan juga.
Keunikan ular tersebut, tidak pernah pindah dari tempat yg mereka tempati semula, dan menurut kepercayaan orang hindu Bali, ular yg di sebut ular suci bisa juga di sebut "Ular Duwe", Ular duwe itu sama dg ular yg bersemayam, atau ular yg tinggal dengan waktu lama yg sering di sebut sebagai ular penunggu, yang termasuk di pura Tanah Lot.


Kalau anda tiba di sore hari jam 5 sore dengan sabar menunggu matahari tenggelam dan cuacanya mengijinkan, anda akan melihat sebuah pemandangan "sunset" yang spektakuler. Sunset yang berada di balik bayangan Pura Tanah Lot akan membuat lukisan alam yang tak akan pernah anda lupakan ketika pulang liburan dari Bali. Seperti yang di Lukisan dan Postcard Bali.
Silahkan menikmati Indahnya Sunset dan melihat Ular Suci di Tanah Lot.

3 comments:

  1. Anonymous15:34

    keren...

    ReplyDelete
  2. Anonymous07:00

    sedikit pengalaman mas. waktu itu sy pnah mau liat ularnya, tapi kawan2 menertawai sy katanya tunggu aj smpe sore. stlh sy tunggu tnyata ularnya d bawa pulang sama bapak2 yg nunggu ularnya. menurut warga sekitar, klo memang ingin liat ular penunggu pura, kita harus masuk k puranya. tapi tidak setiap waktu dan semua org bs liat katanya. berbagi sedikit pengalaman saya mas.

    ReplyDelete
  3. ini jenis ular laut yang sangat berbisa...mohon hati-hati yaa menyentuhnya

    ReplyDelete