24/02/2010

Hadiah tiap tahun untuk Pantai Kuta

Hadiah tiap tahun untuk pantai Kuta adalah sampah yang datang dari laut, mulai sampah potongan kayu, sampah ikan, sampah plastik sehingga menggangu pemandangan. Meskipun petugas sudah berusaha membersihkan, namun sampah-sampah itu terus berdatangan.
Sementara mengenai tumpukan sampah di pantai Kuta, Satgas Pantai Kuta dan para pedagang membersihan tumpukan sampah agar tidak menggangu kenyamanan wisatawan,
sejak pagi hingga sore hari untuk membersihkan sampah itu. Namun tetap kewalahan untuk menangani tumpukan sampah pada musim sekarang.
Setiap pagi, ribuan kubik sampah berjejal di bibir pantai. Sampah tersebut dibawa oleh arus air laut akibat dampak embusan angin barat sejak bulan Desember lalu. Namun, setiap pagi, selalu saja ada tumpukan sampah berupa botol air mineral, kemasan rokok, plastik, ranting, potongan kayu, akar pohon, batang pohon pisang, dan kayu gelondongan, berjubel di situ. Pembersihan dilakukan sejak pagi hingga sore, sebanyak enam kali setiap harinya.
Satgas Pantai juga dibantu oleh unit alat berat (loader) dan satu unit truk sampah, kejadian semacam ini selalu berulang setiap datang angin barat yang biasanya berembus sejak pertengahan Desember hingga Pebruari. Tentu saja kondisi ini sangat menggangu kenyamanan berwisata di pantai tersebut. Selain tak sedap dipandang mata, sampah tersebut juga mengembuskan bau amis yang menyengat. Terganggunya wisatawan oleh sampah tersebut membuat pemasukan para pedagang di sepanjang pantai tersebut merosot drastis, karena Tamu-tamu jadi malas berjemur di pantai, Jadi tidak ada yang belanja. Tiap tahun pasti Pantai Kuta dibanjiri tumpukan sampah, saya sempat bertanya kepada masyarakat setempat, sejak kapan fenomena sampah kiriman ini terjadi ternyata dari dia kecil katanya beliau, beliau juga mengatakan sampah kayu dulu buat rebutan masyarakat tetapi sekarang sudah tidak lagi karena masyarakat sudah punya kompor gas. Zaman sudah berubah dari pake kayu bakar untuk memasak sekarang pakai kompor gas,tetapi kiriman sampah tetap berkunjung di pantai Kuta.
pesan saya : Janganlah buang sampah sembarangan buanglah di tempatnya.

No comments:

Post a Comment