25/02/2010

Ada Teletubies di Bromo

Kawasan Wisata Bromo
Di wilayah pegunungan di Tengger, kita mengenal adanya Gunung Batok, lautan pasir, dan kawah Gunung Bromo yang terkenal.
Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo. Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Gunung Bromo, yaitu dengan melihat sun rise dari pukul 4 pagi di puncak gunung Penanjakan, sudah banyak orang yang kumpul di puncak Gunung Penanjakan mereka rata-rata bawa mobil sendiri atau sewa Jip Hardtop buat pagi nya turun ke bawah untuk melihat Kawah Gunung Bromo atau tempat wisata lainnya.

Bromo tidak hanya Gunung tetapi melihat savanna yang indah yang berada di Bromo Selatan ini. Warna padang rumputnya hijau dengan ilalang berwarna pink. Penduduk sekitar menyebut padang rumput ini dengan nama Bukit Teletubies karena bentuknya yang menyerupai rumah para teletubies,karena begitu indahnya seperti temapt bermainnya Teletubies. Ternyata ini yang dibilang orang-orang ada Teletubies di Bromo, tidak rugi ternyata datang berpetualang di kawasan Bromo, anda bisa menikmati hamaparan luas lautan pasir inget aku seperti film Pasir berbisik apalagi ditemani Dian Sastrowardoyo. Di sekitar Bromo ada Pura Luhur Kahyangan Poten, tempat masyarakat suku Tengger melaksanakan upacara Yadnya Kasada atau upacara Piodalan merupakan upacara ulang tahun Pura Luhur kahyangan Poten yang dilaksanakan pada purnama Kasada berdasarkan hitungan kalender Tengger, meskipun sebutannya bertepatan dengan purnama Kasada, upacara piodalan tidak harus berbarengan dengan Yadnya Kasada, tapi bisa sebelumnya atau sesudahnya.
Selamat menikmati pemandangan kawasan Bromo yang terdapat bukit Teletubies bukan Teletubies nya tetapi anda bisa bermain jadi Teletubies di bukit ini.

1 comment:

  1. Anonymous10:49

    Bromo Tanjung Pondok Pertanian

    Dalam rangka Memperkenalkan " Tengger-Bromo" dr segala aspek, dengan ini kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum, dng hanya membayar 'sukarela' (tanpa tarif) Pondok pertaniaan tanjung terletak di dukuh: Tanjung rt.03. rw.03.(KM 99) desa: Baledono. kec: Tosari. kab: Pasuruan Ja-Tim. (Km. 99. dari Surabaya)
    Akses menuju pondok pertanian tanjung: dari 'Pasuruan' ambil arah malang smp di 'Warungdowo' (-+ 7km) belok kiri smp 'Ranggeh' belok kanan menuju 'Pasrepan' >>> 'Puspo' >>> melewati hutan2 mahoni dan pinus smp dukuh 'Jonggo" >>> melewati hutan pinus smp ketemu rumah pertama lansung belok kiri turun kebawah, ” Podok Pertanian Tanjung” terletak di sebelah kiri jalan dr pasuruan di Km.99 . Kurang lebih 7 km sebelum kec: Tosari.

    @.kamar los + 2 km mandi luar kapst: 8 s/d 16 orang, cukup memasukan dana "sukarela" ke kotak dana perawatan pondok pertanian. (tanpa tarif)
    @.kamar utama + km mandi dalam + perapian, kapst: 2 s/d 4 orang. Rp.150.000,- /malam

    *.fasilitas:.dapur,. kulkas,. ruang makan,. teras (4 x 12 m),. halaman api unggun,. tempat parkir unt 6 mobil,. kebun sayur.
    *.bisa masak sendiri dng menganti LPJ dsb..Rp.30.000,-
    * dimasakkan prasmanan Rp.20.000,- 1x.makan. ( nego)

    # untuk informasi hub per sms/tlp: 081249244733 - 085608326673 ( Elie – Sulis ) 081553258296 (Dudick). 0343-571144 (pondok pertanian).
    # Informasi di Facebook dengan nama : Bromo Tanjung Pondok Pertanian

    ReplyDelete